Sistem Absensi Online Kabupaten Badung

Frequently Asked Questions

  1. Klik kanan Absensi -> Run as Administrator
  2. Pilih menu Proses Absensi
  3. Klik sub menu Restart SDK
  1. Buka aplikasi absensi (klik kanan Absensi -> Run as Administrator)
  2. Buka menu Master --> sub menu ketiga (Kelola Data Pegawai)
  3. Tes koneksi -> jika gagal lakukan langkah pada Pertanyaan 1 di atas
  4. Jika berhasil klik tombol Reset User
  5. Klik tombol no 2 (Kirim data ke mesin)
  1. Buka aplikasi absensi (klik kanan Absensi -> Run as Administrator)
  2. Buka menu Master -> sub menu kedua -> pilih PD: Dinas Pendidikan -> Unit Kerja: UPT masing-masing
  3. Buka menu Master --> sub menu ketiga (Kelola Data Pegawai) -> klik button 1 -> klik tombol 3
  4. Jika pegawai belum muncul -> sub menu kedua -> pilih PD: Dinas Pendidikan -> Unit Kerja: Non Guru Sekolah masing-masing
  5. Lakukan perekaman
  1. Ambil mesin -> klik menu -> users (pengguna) -> daftar(inquiry)-->id(isi dg pin sesuai daftar di aplikasi), nama
  2. Rekam wajah
  3. OK -> ESC

Pengiriman data pegawai ke mesin yang gagal dapat disebabkan oleh beberapa alasan, diantaranya

  • Kode Aktivasi yang tidak sesuai pada pengaturan Device.ini (C:Program Files(x86):EasyLink SDK)
  • Aplikasi perlu diupdate
    1. Pastikan komputer anda terkoneksi internet, kemudian buka aplikasi (klik kanan Run as Administrator)
    2. Saat pertama kali berjalan, aplikasi akan memerika versi terbaru. Apabila terdapat pembaharuan aplikasi, maka aplikasi akan mengupdate secara otomatis. Versi terbaru aplikasi absensi adalah versi 1.99

Menambahkan Guru TK
1. Pastikan internet dan koneksi mesin absen dalam kondisi baik
2. Pilih menu master
3. Pilih Sub Menu Kelola PD
4. PD --> pilih dinas pendidikan
5. Unit Kerja --> Guru DPK nama_sekolah (jika tidak muncul--> klik download unit kerja terlebih dahulu
6. klik tombol simpan
7. Lanjut ke sub menu ketiga ulangi langkah 1 dan 2
8. Perekaman
9. lanjutkanlangkah 3 dan 4

 

Tutorial Lengkap bisa di baca disini : https://drive.google.com/file/d/1clFvxO5iBZEarTwFWacQ72o-KmKhscvz/view?usp=sharing

1. Masuk Ke Aplikasi Absensi Sync
2. Masuk ke Menu Master > Kelola Data Per Pegawai
3. Isikan NIP / PIN pegawai yang akan ditambah
4. Klik Tombol 1 "Ambil Select Pegawai Dari Server", tunggu beberapa saat jika pegawai tersebut sudah di inputkan di sistem kepegawaian bkpsdm, maka nama pegawai akan muncul
5. Pilih tombol download untuk memasukkan data pegawai ke Aplikasi Absensi Sync
6. Setelah data pegawai masuk. Selanjutnya, transfer data pegawai ke mesin dengan cara klik tombol proses 2 "Kirim Select Pegawai Ke Mesin"
7. Tunggu beberapa saat setelah data pegawai berhasil terkirim ke mesin, cek ke mesin dengan cara Menu > Pengguna > OK > pilih Ubah > OK > Ketik Pin pegawai baru dan lakukan proses rekam wajah 

Setiap aplikasi Dekstop Sync di buka, maka aplikasi akan secara otomatis melakukan pengecekan versi aplikasi, jika ditemukan versi terbaru maka secara otomatis, aplikasi akan melakukan update sendiri. Tapi terkadang jika koneksi sedang dalam keadaan tidak stabil, aplikasi menjadi crash dan tidak bisa dijalankan. Berikut tutorial untuk memperbaiki aplikasi yang Gagal Update.

1. Buka folder tempat aplikasi di pasang

2. Hapus folder updates

3. Hapus file Absensi

4. Hapus file Absensi.exe

5. Klik kanan > run as administrator salah satu file versi absensi : bisa Absensi_1.19 atau Absensi_2.15 

6. Aplikasi akan melakukan pengecekan dan melakukan update sistem, jika terjadi kegagalan kembali. Ulangi langkah dari nomor 1.

 

 

Untuk lebih lengkap, silahkan Download di Sini

Penginputan shift dilakukan jika pegawai memiliki jadwal kerja tersendiri, seperti pegawai Dinas Kebakaran atau Rumah Sakit Daerah, Untuk cara Penginputan shift bisa di download di document berikut  disini

Bagaimana cara perhitungan absensi di dalam aplikasi kinerja ? 

Untuk detail perhitungan, silahkan di download disini

Cara Mengetahui / Mengecek Data Pegawai Yang Terlihat Tidak berkinerja Tapi Hadir (Absen) 

  1. Di cek untuk kehadiran apakah berada di range waktu bekerja yang benar, kalau pegawai absen di luar jam yang ditentukan maka tidak akan di anggap berkinerja
  2. Di cek apakah kehadiran sesuai dengan shift kerja yang di tentukan, untuk mengecek jadwal kerja bisa dilakukan dengan masuk ke menu : cek di shift kerja > penjadwalan

Detail Tutorial bisa di baca disini

Terkadang banyak pegawai yang merasa pada saat absensi sudah OK, tapi pada saat di tarik data nya ke aplikasi absensi data absensi nya tidak terlihat. Untuk mengecek apakah pegawai tersebut benar sudah absen atau tidak.

Detail Tutorial bisa di baca disni

Proses sinkronisasi otomatis dilakukan agar proses tarik dan transfer data absen terjadi secara realtime dengan waktu yang sudah ditentukan.

Untuk cara proses sinkronisasi otomatis bisa dibaca disini

Jika terjadi kesalahan tekhnis mesin seperti :

  • Mesin tiba-tiba mati
  • Terjadi pemadaman listri yang menyebabkan mesin tidak bisa dinyalakan
  • Terjadi bencana alam seperti banjir yang menyebabkan mesin tidak menyala.

Untuk pegawai yang tidak bisa mengabsen, bisa membuat surat yang dikirim ke BKPSDM dan ditembuskan ke DISKOMINFO.

Contoh Surat bisa dilihat disini

Proses perekaman wajah di mesin absensi dilakukan jika :

a. Terdapat pegawai baru / mutasi .

b. Pegawai ingin melakukan perekaman ulang wajah karena wajah lama terdeteksi saat melakukan absen.

Untuk Tutorial bisa di lihat di link berikut ini 

Berikut ini tutorial untuk menginputkan Keterangan Sakit, Cuti, Ijin, dan Tugas di Sistem Aplikasi Absensi Online.

detail tutorial bisa dilihat disini 

Berikut untuk cara perhitungan TPP di aplikasi Absensi Online, bisa dilihat disini 

Sebelum pegawai dapat menggunakan absensi mobile, terlebih dahulu pegawai tersebut harus di aktivasi. Proses aktivasi ini hanya dapat dilakukan oleh admin pada Dinas Komunikasi dan Informatika dengan cara mengirimkan surat dan melampirkan nama-nama pegawai yang akan menggunakan absensi mobile. Contoh surat dapat dilihat disini.

Berikut adalah daftar materi pelatihan absensi online untuk operator sekolah :

  • Usermanual Absensi Online dan Kinerja bisa di download disini
  • Usermanual Mobile Absensi untuk Operator Sekolah bisa di download

Proses kirim ulang data absen dilakukan jika terjadi kegagalan pada saat pengiriman data absen. 

Proses kirim ulang data absen bisa dilakukan berdasarkan rentang tanggal yang di inginkan.

Untuk proses kirim ulang data absen bisa di lihat disini : https://drive.google.com/file/d/1YTQ7qha8gTNEykdDKXX_mHlce8fDdQkl/view?usp=sharing

Untuk rentang waktu absen sekolah, bisa dilihat di photo berikut ini : https://drive.google.com/file/d/18OCUPoyaSy3e-Fy6ppB-pCyWO4TjWa4y/view?usp=sharing

Proses ini dilakukan untuk menarik data absen terbaru, untuk mengambil data absen yang belum pernah ter download.

Untuk proses tarik data absen bisa dilakukan seperti ini : https://drive.google.com/file/d/1Bywlci42MUNfH_BzBFRi5gkOpyumLSAL/view?usp=sharing

Biasanya pada saat tarik data, ada beberapa data di mesin tidak tertarik semua, sehingga kita perlu melakukan proses penarikan data ulang atau secara menyuluruh.

Untuk menarik semua data di mesin absensi bisa dilakukan dengan cara berikut ini : https://drive.google.com/file/d/13SD8b1OOIFyiXlTFeQcs5exGlm2keMW1/view?usp=sharing

Pada saat ada pegawai baru / mutasi maka operator absensi harus cepat malakukan proses pendaftaran pegawai ke mesin absensi wajah, agar tidak ada proses absen yang bolong. 

Untuk menambah data pegawai mutasi atau baru bisa dilakukan dengan cara : https://drive.google.com/file/d/1rBwHU7zbinN35gPoNacsH0SMTloHkAQH/view?usp=sharing

Restart SDK dilakukan jika koneksi antara mesin dan aplikasi tidak berhasil, hal ini terjadi biasanya pada saat komputer pertama kali di hidupkan, padahal biasanya koneksi berhasil seperti biasanya. Cara melakukan restart SDK bisa dilakukan dengan cara : https://drive.google.com/file/d/1dDgW1EeHUhqjZIvPG5UiY-XNhnZnMhII/view?usp=sharing

Sinkronisasi antara aplikasi absensi/kinerja dengan aplikasi SIMPEG dilakukan otomatis setiap 24 jam, jadi kalau ada perubahan data yang dilakukan bukan pada jam sinkronisasi, maka operator bisa melakukan proses manual sinkronisasi dengan cara sebagai berikut :

https://drive.google.com/open?id=1mT7TQ48VZEX-j-KcbA6AUP3ZBZahIZPg

Berikut video tutorial untuk melakukan proses dan cetak TPP Absensi di aplikasi absensi dan kinerja.

 Berikut Cara Mengubah Status Pegawai Dari Guru ke Kepala Sekolah, bisa di baca disini https://drive.google.com/open?id=1UUh4xgy84fc0mtLhTJ7IBMocBqNhTkUC

jika ada yang mengeluhkan eror pada saat transfer data absen dengan muncul error : Unexpected character encountered while parsing value : <. Path ''. line 0, position 0. Bisa menggunakan tutorial ini, permasalahan karena sistem absensi kita sekarang https jadi penyetingan domain harus di rubah di masing-masing aplikasi sync.

Tutorial mengubah url bisa dilihat disini : https://drive.google.com/file/d/1CfNj8l2sIYCJHZC1KTvmNfdxolC8PPyF/view?usp=sharing